Selasa, 19 Mei 2015

4 Tipe Kepribadian (Koleris, Sanguinis, Melankolis, Plegmatis)

Salah satu teori mengenai tipe kepribadian manusia berasal dari Socrates yang membagi berdasar cairan tubuh yang dominan. Pembagian tipe kepribadian tersebut adalah sebagai berikut.
  • Melankholis (Sempurna).
    Introvert-pemikir-pesimis.
  • Kholeris (Kuat).
    Extrovert-pelaku-optimis.
  • Plegmatis (Damai).
    Introvert-pengamat-pesimis
  • Sanguinis (Populer).
    Extrovert-pembicara-optimis
Orang melankolis adalah orang yang perfeksionis. Suka akan hal-hal yang detil dan membutuhkan ketelitian. Salah satu kelemahan orang melankolis adalah karena sifatnya yang terlalu perfeksionis, kadang-kadang suka menunda-nunda pekerjaan sampai terciptanya suasana yang sempurna. Orang yang bekerja di bidang penelitian/riset biasanya bertipe melankolis.

Seseorang dengan tipe kecerdasan Melankolis atau Concientiousness adalah seseorang yang berorientasi pada kesempurnaan dan keteraturan. Ciri-ciri orang dengan kecerdasan kepribadian Melankolis ini antara lain adalah sikapnya yang serius dan cenderung tertutup. Orang ini juga suka memperhatikan atau menanyakan hal-hal yang detil. Secara penampilan, orang ini biasanya memakai baju dengan model yang konservatif misalnya kemeja dan dasi dengan pola yang teratur, misalnya kotak-kotak atau garis-garis teratur, dan sebagainya.

Beberapa kekuatan utama dari orang tipe ini adalah standar kesempurnaan yang tinggi, teliti dan disertai dengan kemampuan analisisnya yang mendalam. Orang ini sangat well-organized dan konsisten. Sedangkan kelemahannya adalah cenderung membuatnya menjadi pribadi yang kaku dan kurang kompromistis. Pertimbangannya pada hal-hal kecil dan semua hal juga menyebabkan sulit untuk mengambil keputusan secara tepat.

Orang tipe Melankolis ini akan mudah merasa tertekan apabila dia diminta untuk mengkompromikan standar atau kesempurnaannya. Prinsip kerja dan hidupnya adalah Let’s Do It the Right Way! alias Mari kerjakan dengan cara yang benar! Kehidupan yang tidak teratur atau tidak semestinya juga cenderung mudah membuatnya tertekan. Kalau sudah demikian, biasanya ia akan cenderung menarik diri, mengingat-ingat masalahnya, atau bahkan menyalahkan diri sendiri.

Melihat potensi dan sifat dirinya, maka orang tipe Melankolis ini sangat cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian dan detil yang tinggi. Pekerjaan sebagai seorang peneliti, akuntan, analisis keuangan & hukum merupakan beberapa pekerjaan yang secara alami cocok dengan tipe kepribadian ini. Atau pekerjaan lain yang menuntut dikerjakan sesuai sistem yang berlaku di mana terdapat sedikit kompromi mengenai hal tersebut.

Orang koleris adalah orang yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Punya wibawa, punya kemauan kuat, serta biasanya gampang menyuruh-nyuruh orang lain. Kelemahannya tidak semua orang mau disuruh-suruh. Orang yang menjadi pemimpin/manajer biasanya bertipe kholeris.

Tipe koleris adalah seseorang yang sangat berorientasi untuk memimpin dalam hal apa saja. Orang ini memiliki ambisi, gairah dan energi untuk menjadi lebih dominan di antara orang-orang lain di sekitarnya. Banyak orang-orang populer dan pemimpin militer yang memiliki kepribadian ini.

Anda dapat menemukan orang yang tipe ini pada orang yang suka bicara blak-blakan, tidak sabaran, mudah marah, kepercayaan diri yang tinggi, suka menyela pembicaraan lawan bicaranya atau menuding-nuding jarinya saat berbicara. Ciri-ciri fisik dan penampilan biasanya suka pakai baju yang praktis saja, misalnya lengan pendek dan simple untuk pria, dan pada wanita biasanya suka berambut pendek & praktis saja.

Di sisi lain, kekuatan utama dari orang tipe ini adalah goal oriented atau mempunyai tujuan yang jelas dan kuat. Orang ini juga aktif dan dinamis, percaya diri, produktif, pekerja keras, dan dapat memutuskan segala sesuatunya secara cepat. Prinsip kerjanya adalah Let’s Do It My Way, atau Mati kerjakan dengan cara saya! Namun hal ini tentu membawa konsekuensi beberapa kelemahan kepribadiannya, yaitu apabila kekuatan utama ini dipakai secara berlebihan, antara lain:
  1. One man show atau tidak senang mendelegasikan tugas kepada orang lain
  2. Sulit mengakui kelemahan atau kesalahannya
  3. Kurang dapat menghargai pendapat orang lain
  4. Kurang perhatian pada detail pekerjaan, karena dianggap tidak penting
  5. Tidak sabaran
  6. Kurang peka perasaannya, dan
  7. Kurang bisa menunjukkan kasih sayang kepada orang lain
Orang dengan tipe ini akan mengalami tekanan atau stress bila sesuatu menjadi sulit untuk dikontrol atau saat dia harus menjalankan keputusan orang lain yang tidak sejalan dengan keputusannya. Tekanan besar juga terjadi padanya apabuka dia merasa dilangkahi wewenangnya, atau dispelekan perannya.

Dan bila stress, maka dia akan cenderung akan melampiaskan kemarahannya, bekerja lebih keras lagi, meningkatkan kendali atau kontrol terhadap orang lain, atau bahkan menyingkirkan orang-orang yang bersalah atau menghamat dirinya. Oleh sebab itu, dalam rangka pengelolaan sumber daya manusia, orang ini cocok mendapat tugas atau pekerjaan dengan karakteristik misalnya:
  • Pekerjaan yang ada TARGET-nya, misalkan target waktu atau target hasil
  • Pekerjaan yang menuntut penyelesaian waktu yang cepat
  • Pekerjaan yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat, atau
  • Pekerjaan yang sifatnya baru dan menantang
Orang phlegmatis adalah orang yang cinta damai. Sifatnya mengalah, tidak mau terlibat dalam perdebatan. Kelemahannya antara lain karena terlihat lemah, kadang-kadang dipermainkan oleh orang lain. Orang phlegmatis biasanya ada di profesi-profesi yang tidak banyak konflik.

Seseorang dengan  tipe kecerdasan Phlegmatis atau Supportive adalah seseorang yang berorientasi pada hidup damai tanpa konflik dan kestabilan dalam hidup dan pekerjaannya. Kita dapat menemui orang-orang dengan tipe Phlegmatis pada orang-orang yang punya pembawaan tenang dan santai secara alami. Orang dengan tipe ini adalah pendengar yang paling baik, sehingga cenderung mendengarkan apa yang Anda katakan dengan penuh perhatian. Secara penampilan, orang ini biasa berpakaian secara informal, misalnya menggunakan sweater, baju yang longgar dan tidak dimasukkan ke celana, dan sebagainya.
Walaupun banyak orang yang suka menyepelekan kekuatan orang ini, namun sebenarnya orang ini mempunyai banyak kekuatan tersembunyi, antara lain : kepribadian yang menyenangkan dan cinta damai. Lalu mampu menangani persoalan dengan kepala dingin dan tenang, sehingga juga “menularkan” ketenangan bagi orang lain. Di samping pendengar yang paling baik, orang tipe Phlegmatis ini juga penengah konflik yang baik karena kemampuan empatinya terhadap orang lain. Sedangkan kelemahannya adalah : kurang berani mengambil keputusan, sulit untuk bilang “tidak” kepada orang lain, serta kurangnya antusiasme dan gairah dalam bekerja yang dapat berakibat menunda-nunda pekerjaannya. Pekerja tipe ini biasanya juga membutuhkan bimbingan dan motivasi terus-menerus dari orang lain, misalnya atasannya.

Orang tipe Phlegmatis ini mudah tertekan apabila cenderung dihadapkan pada pekerjaan dengan target kerja yang mendesak. Lebih lagi apabila dia harus banyak menghadapi konflik dengan orang lain. Jika sudah tertekan, maka reaksinya biasanya adalah menghindari pekerjaan tersebut.

Dalam dunia pekerjaan, orang tipe Phlegmatis atau Supportive ini akan efektif bekerja dalam sebuah TIM. Sedangkan jenis pekerjaan yang cocok adalah pekerjaan yang membutuhkan tingkat administrasi dan konsistensi tinggi, misalnya pekerjaan yang rutin dan tidak membutuhkan gejolak dan dinamika yang tinggi. Prinsip kerjanya adalah Let’s Do it the Easiest Way, atau Mari kerjakan dengan cara yang paling mudah!

Orang sanguinis adalah orang yang populer. Suka cerita, banyak omong, dan selalu menjadi pusat perhatian dari orang-orang di sekitarnya. Orang sanguinis gampang bergaul dan mudah berteman. Salah satu kelemahannya adalah sifatnya yang moody, atau tergantung suasana hati. Kadang ia cepat gembira, namun tiba-tiba menangis, atau sebaliknya. Profesi yang berkutat di bidang entertainment/hiburan biasanya diwarnai dengan orang-orang yang bertipe sanguinis.

Influence adalah seseorang yang sangat mengedepankan hubungan dengan orang lain, atau istilahnya people-oriented. Anda dapat menemukan orang dengan tipe ini biasanya dengan ciri-ciri antara lain : orang ini umumnya murah senyum, ceria, mudah tertawa lepas, suka bicara apa saja, yang biasanya diiringi dengan tangan dan badannya yang ikut bergerak-gerak saat berbicara. Orang ini juga biasanya sangat memperhatikan fashion yang up to date, misalnya mode baju terbaru atau berwarna cerah, atau rambut yang dicat pada wanita misalnya. Ciri penampilan lain adalah kegemaran untuk memakai warna-warna pakaian yang cerah, dasi yang bercorak tidak simetris, dan sebaginya.

Kekuatan utama dari orang tipe Sanguinis atau Influence ini adalah kemudahannya untuk bergaul dengan orang lain. Orang ini juga biasanya optimis dan terbuka. Sebagian besar orang tipe ini juga adalah orang yang kreatif secara alami serta punya rasa ingin tahu yang besar. Antusiasmenya menyala-nyala. Prinsip kerjanya adalah Let’s Do it the Most Comfortable Way, atau Mari kerjakan dengan cara yang paling menyenangkan !

Sedangkan kelemahannya secara umum adalah: orang ini cenderung kurang well-organized dan kurang disiplin, kadang-kadang suka melebih-lebihkan perkataannya, dan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Orang tipe Sanguinis ini mudah tertekan atau stress apabila terjebak pada pekerjaan yang monoton karena orang ini sangat membutuhkan variasi atau dinamika tinggi dalam hidup dan pekerjaannya. Hal lain yang dapat membuatnya tertekan adalah kurangnya perhatian orang lain padanya, atau apabila dia sudah tidak menjadi fokus utama lagi dalam lingkungannya. Reaksi terhadap stress biasanya adalah dengan cara meninggalkan pekerjaan atau ganti pekerjaan. Perlu diketahui bahwa seorang wiraniaga atau salesperson secara alamiah cocok dengan kepribadian tipe ini. Oleh sebab itu, pekerjaan ini paling banyak turn over atau terjadi keluar masuk karyawan lama & baru setiap saat. Cara lain melampiaskan rasa tertekannya adalah dengan shopping alias pergi berbelanja.

Dalam rangka The Right Man on the Right Place, orang tipe ini secara alami cocok untuk pekerjaan yang :
  • Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tinggi, misalnya bidang periklanan atau advertising
  • Pekerjaan yang membutuhkan banyak interaksi dengan pihak lain, seperti kehumasan, selling atau penjualan, dan lain-lain
  • Atau pekerjaan yang membutuhkan “sentuhan ringan” seperti : interior designer, ahli tata rias wajah, dekorasi perkawinan, dan lain sebagainya
  • Motivator atau pembicara seminar mengenai motivasi
  • Dan lain-lainnya
 Dalam kondisi yang baik
  1. Melankholis : Presisi, terinci, terencana, bertanya, formal, analitis, hati-hati.
  2. Kholeris : Kompetitif, menuntut, menentukan, kemauan kuat, fokus tujuan, mengendalikan.
  3. Plegmatis : Mendukung, berbagi, bersabar, rileks, toleran, ramah.
  4. Sanguinis : Orientasi sosial, dinamis, menghibur, demonstratif, antusias, persuasif, ekspresif.
Dalam kondisi yang buruk
  1. Melankholis : Kaku, ragu, tidak tegas, curiga, dingin, menarik diri.
  2. Kholeris : Menyerang, mengendalikan, mempertahankan, tidak toleran, mengambil alih.
  3. Plegmatis : Menyerah, pasrah, lamban, percaya saja, keras kepala.
  4. Sanguinis : Mudah dipengaruhi, gelisah, tidak bijak, gaduh, tergesa-gesa.
Tokoh dunia dan kepribadiannya

  1. Melankholis : Napoleon, Bonaparte, Albert Einstein, Mahathir Muhamad.
  2. Kholeris : Margaret Tatcher, Bush, Hitler, Saddam Husain.
  3. Plegmatis : Nelson Mandela, Mother Theresia, Gandhi.
  4. Sanguinis : Madonna, Yaser Arafat, Helmut Smith.
Kekuatan dan Kelemahannya
  1. Melankholis.
    Kekuatan : Berbasis pengetahuan dan detail, Kompetensi tinggi, Bertanya sebagai format komunikasi, Rapi menindaklanjuti.
    Kelemahan : Sulit mengawali interaksi, Bertanya dianggap sangat penting, Menganggap enteng orang lain, Lambat mengambil keputusan
  2. Kholeris.
    Kekuatan : Meyakinkan, menentukan, fokus, mempengaruhi yang lain.
    Kelemahan : Tidak mau mendengar, sering dianggap arogan, terlalu menuntut, tidak memerlukan masukan.
  3. Plegmatis.
    Kekuatan : Membangun hubungan sangat penting, Pendengar sejati, Hangat dan akuan, Mencintai kedamaian
    Kelemahan : Persisten (Sulit berubah), Lambat beradaptasi, Malu bertanya, Menghindari penolakan, Menelan masalah sendiri.
  4. Sanguinis.
    Kekuatan : Cepat membuat hubungan/ interaksi, Bersahabat dan sosial, Mudah adaptasi, Imaginatif, Penyaji yang baik, Inspiratif.
    Kelemahan : Tidak fokus, Terlalu santai (casual), Lemah berencana, Lemah dalam follow up, Mudah berubah (plin-plan).
Strategi Komunikasi
  1. Strategi komunikasi dengan Melankholis.
    Lakukan : Persiapan matang dan terencana, Buat catatan, Sajikan dengan detail, Sajikan dengan data dan fakta.
    Hindari : terlalu akrab dan merangkul, Mengubah rencana, Berubah-ubah memutuskan/janji tanpa pemberitahuan, Asbun(asal bunyi), Informasi terlalu umum.
  2. Strategi komunikasi dengan Kholeris.
    Lakukan : Langsung/to the point, Bicara fokus kepada hasil dan tujuan, Bicara singkat, padat, dan tepat
    Hindari : Fleksible dan lunak, Menggunakan perasaan, Mengambil alih darinya.
  3. Strategi komunikasi dengan Plegmatis.
    Lakukan : Bersabar dalam urusan, Menunjang, perlahan dan sesuaikan dengan ritmenya, Tanyakan kesukaannya, Berikan waktu untuk menjawab.
    Hindari : Menghianati kebaikan, Menekan untuk aksi spontan, Memotong pembicaraannya, Merubah secara spontan.
  4. Strategi komunikasi dengan Sanguinis.
    Lakukan : Bicara secara interaktif, Realistis dan sajikan dengan simple, Sajikan informasi secara menarik.
    Hindari : Informasi yang detail, Penugasan yang rutin dan membosankan, Memberi pekerjaan sendirian.
Yang mempengaruhi perubahan tipe.
Usia, pengalaman, belajar, posisi dalam pekerjaan, status sosial, kondisi lingkungan

Sumber :
1. http://id.wikibooks.org/wiki/Kurikulum_Kepemimpinan/Tipe_Kepribadian
2. http://edukasi.kompasiana.com/2013/09/26/tipe-kepribadian-koleris-dominance-593199.html
3. http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/16/tipe-kepribadian-melankolis-conscientiousness-599396.html
4. http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/02/tipe-kepribadian-sanguinis-influence-594889.html
5. http://edukasi.kompasiana.com/2013/10/07/tipe-kepribadian-phlegmatis-supportive-596426.html
6. http://ogut267.blogspot.com/2013/06/tipe-tipe-kepribadian-pada-manusia.html

3 komentar: